Horas’s Blog

Just another WordPress.com weblog

Question : Why so many people getting fat ?

Posted by horasio on May 7, 2009

Obesitas di INDONESIA

Angka penderita obesitas di Indonesia selalu naik dari tahun ke tahun. Prevalensi obesitas di perkotaan 1,1 persen sedangkan di pedesaan sebesar 0,7 persen. Sepuluh tahun kemudian, angka itu meningkat jadi 5,3 persen di kota dan 4,3 persen di desa.

Demikian disampaikan ahli gizi medik dr Fiastuti Witjaksono, mengutip sensus Kesehatan Nasional tahun 1989 di Jakarta, Rabu (6/5).
fat-man
Pada tahun 2004, Himpunan Studi Obesitas (Hisobi) menemukan prevalensi obesitas meningkat menjadi 9,16 persen pada pria dan 11,02 persen pada wanita. Bahkan, bila dilihat dari ukuran lingkar pinggang, sebanyak 41,2 persen pria mengalami obesitas karena lingkar pinggangnya melebihi 89 sentimeter, sedangkan 53,3 persen perempuan obesitas karena lingkar pinggangnya lebih dari 79 sentimeter.

Kepala Divisi Pusat Riset Nutrifood Susana menyatakan, selain obesitas, gaya hidup perkotaan juga mengakibatkan terjadinya fenomena TOFIthin outside, fat inside (tampak kurus tetapi banyak lemak di dalam tubuh). Meski bentuk tubuhnya terlihat ideal, bahkan kurus, namun kadar lemak dalam tubuhnya ternyata melebihi normal.

Karena itu, kita perlu memperhatikan tiga aspek penting untuk memiliki tubuh yang sehat, yaitu konsumsi makanan seimbang, olahraga teratur, serta istirahat yang cukup, ujarnya. Dengan menerapkan gaya hidup sehat melalui pola makan gizi seimbang, tentu permasalahan kelebihan dan kekurangan berat badan makin berkurang, sehingga kita bisa menikmati hidup sehat lebih lama.

PEMANASAN GLOBAL ??  ASTAGA !!

Meningkatnya angka kasus kegemukan (obesitas) di dunia ini dikatakan menjadi salah satu penyebab munculnya pemanasan global. Lho, apa hubungannya?

Para ilmuwan memperingatkan bahwa meningkatnya jumlah pelahap juga berarti menunjukkan peningkatan produksi makanan, penyebab terbesar emisi gas CO2 yang membuat planet bumi ini memanas.

Obesitas juga dikatakan berperan serta dalam merusak lingkungan. Dr Phil Edwards dari London School of Hygiene and Tropical Medicine mengatakan, “Setiap lemak yang terdapat dalam diri seseorang yang kegemukan bertanggung jawab atas keluarnya se-ton karbondioksida setiap tahun.” Itu artinya, miliaran ton CO2 setiap tahunnya tercipta.

Para ilmuwan menyatakan, pemanasan global menyebabkan melelehnya es di kutub utara dan menaikkan permukaan air laut dan menghancurkan hutan rimba.

Efek lemak atas lingkungan ini makin kelihatan apalagi kebanyakan mereka yang kegemukan malas beraktivitas. Mereka lebih suka mengendarai mobil, penyebab terbesar emisi karbon.

Ilmuwan di London School of Hygiene and Tropical Medicine mengatakan, negara maju seperti Amerika dan Inggris mengalami masalah ini.

Kata Phil, “Produksi makanan sekurangnya mencapai seperlima dari jumlah gas-gas rumah kaca.” Karena itu, lanjut Phil, butuh upaya agar tren obesitas menjadi turun. Ini merupakan faktor kunci dalam memerangi emisi karbon dan memperlambat perubahan iklim.

One Response to “Question : Why so many people getting fat ?”

  1. joko said

    ngeri juga ya …… !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: