Horas’s Blog

Just another WordPress.com weblog

Rencana Transportasi Baru bagi Publik Jakarta

Posted by horasio on July 9, 2009

PT Kereta Api (KA) bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengoperasikan kereta api lingkar kota Jakarta atau loopline sebagai salah satu solusi untuk mengatasi kemacetan.

Kepala Humas PT KA Daerah Operasi I Jakarta Sugeng Priyono, di Jakarta, Kamis (9/7), mengatakan, kereta loopline akan melintasi sejumlah stasiun, yaitu Stasiun Manggarai, Stasiun Tanah Abang, Stasiun Angke, Stasiun Kampung Bandan, Stasiun Senen, Stasiun Jatinegara, dan kembali lagi ke Stasiun Manggarai. “Kereta loopline direncanakan mulai beroperasi penuh tahun 2010, tapi saat ini sudah mulai diuji coba, yakni menggunakan KRL Ciliwung,” kata Sugeng.

Salah satu bentuk kerja samanya antara lain menata kawasan stasiun yang akan dilintasi kereta lingkar kota Jakarta tersebut. Saat ini, kawasan di sekitar stasiun banyak berdiri rumah kumuh liar. Penataan kawasan merupakan wilayah tugas Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Kerja sama lain berupa pembangunan halte atau tempat pemberhentian bus di dekat stasiun yang menjadi pelintasan kereta loopline.

Secara terpisah, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengatakan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus berupaya memperbaiki layanan transportasi, di antaranya dengan mengoperasikan layanan kereta lingkar kota Jakarta yang melintasi sejumlah stasiun di pinggiran Jakarta sampai ke Bandara Soekarno-Hatta. Salah satu stasiun yang akan dioperasikan menjadi stasiun utama, kata Fauzi, adalah Stasiun Duri di Kecamatan Tambora, Jakarta Barat, yang akan direvitalisasi tahun 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: