Horas’s Blog

Just another WordPress.com weblog

Manchester United KENA DAMPAK BOM MARRIOTT

Posted by horasio on July 17, 2009

“Menyusul ledakan di salah satu hotel tempat kami akan menginap di Jakarta, dan berdasarkan saran yang kami terima, kami telah menginformasikan kepada otoritas sepak bola Indonesia kalau kami tak bisa memenuhi agenda tur di Jakarta dalam rangkaian Tur Asia 2009,” demikian pernyataan secara resmi Manchester United seperti diberitakan di BBC, Jumat (17/7).

“Kami telah membuat beberapa jadwal bersama para promotor dan akan memberikan pengumuman selanjutnya setelah ada keputusan finalnya,” ujar juru bicara Manchester United.

Siang ini dijadwalkan tiba di Kuala Lumpur dan akan langsung menggelar konferensi pers terkait rencana tur Asia mereka. Juara Liga Inggris musim lalu itu dijadwalkan akan menghadapi Malaysia XI pada Sabtu (18/7) besok dan langsung bertolak ke Jakarta.

Panitia lokal Asia Tour di Indonesia secara resmi sudah menerima pembatalan kedatangan Mancehster United ke Jakarta, terkait meledaknya bom di dua hotel di kawasan Kuningan, Jakarta, tadi pagi.

“Secara resmi baik tertulis dan lisan, MU batal tampil di Jakarta,” ujar Ketua Panitia lokal Agum Gumelar dalam Jumpa Pers di Jakarta, Jumat (17/7).

Sementara itu  John Merriet dari Pro Event, menegaskan hal yang sama. “Berdasarkan referensi dari Kedutaan Inggris MU sudah membatalkan kunjungan,” tegasnya.

Pada kesempatan pihak itu, penyelenggara membagikan selebaran pernyataan dari MU mengenai pembatalan kunjungan setan merah itu ke Indonesia.

Dalam pernyataan tertanggal 17 Juli 2009 pukul 6.22 waktu Inggris, disebutkan karena hotel yang menjadi tempat menginap Tim MU terkena bom, pihak MU menginformasikan kepada PSSI bahwa klub tidak bisa tampil di Jakarta dalam rangka Asia Tour 2009.

“Kami telah bekerja sama dengan pihak promotor Indonesia. Kami sangat kecewa tidak bisa tampil di Indonesia. Kami mengucapkan terima kasih kepada PSSI dan para suporterr kami,” sebutnya.

Bom di Hotel Ritz Carlton dan JW Marriott, Jumat (17/7), membuat rencana pertandingan internasional antara Manchester United (MU) versus Indonesia All Star batal. Padahal, tinggal tiga hari lagi berlangsung duel yang bakal menyita perhatian seluruh penduduk Indonesia tersebut.

Namun semua rencana itu buyar. Pertandingan yang bakal digelar di Gelora Bung Karno Senayan Jakarta itu terpaksa dibatalkan karena faktor keamanan. Panitia lokal (LOC) tur MU memastikan bahwa rencana pertandingan tersebut batal sehingga semua spanduk, umbul-umbul dan baliho MU, diturunkan pada Jumat sore.

Meskipun demikian, calon penonton yang sudah membeli tiket pertandingan bersejarah ini tak perlu cemas. Pasalnya, panitia menyatakan bertanggung jawab untuk mengembalikan tiket yang sudah dipesan.

Bagi Indonesia, bom di dua hotel ternama di Jakarta tersebut memberikan kerugian yang sangat besar. Seperti yang sudah diberitakan, menurut Ketua Umum PSSI Pusat Nurdin Halid, akibat pembatalan tur ini maka kerugian materi yang diderita berkisar 30-50 miliar. Dan yang lebih menyedihkan lagi, peluang Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 menjadi sangat kecil karena citra negara menjadi rusak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: