Horas’s Blog

Just another WordPress.com weblog

Tutup Usia: Mantan Presiden Filipina Aquino Susul Sir Bobby Robson

Posted by horasio on August 1, 2009

Mantan Presiden FilAQUINOipina yang terkenal menggulingkan  diktator Ferdinand Marcos dengan aksi people power -nya meninggal dunia di usia 76 tahun.  Sehari sebelumnya, Jumat 31 Juli 2009, legenda sepakbola asal Inggris  Bobby Robson (http://www.timesonline.co.uk/tol/sport/football/article6735659.ece) juga meninggal di usia 76 tahun akibat kanker.

Putra Aquino, Senator Benigno “Noynoy” Aquino III mengatakan ibunya meninggal dunia Sabtu (1/8) pukul 3.18 waktu setempat.

Aquino didiagnosa menderita kanker usur besar tahun lalu dan dirawat di rumah sakit selama lebih sebulan. Menurut Benigno, kanker telah menyebar ke seluruh organ dan kondisi mendiang terlalu lemah untuk menjalan kemoterapi.

Para pendukung dan simpatisan Aquino setiap hari selama sebulan memanjatkan doa di gereja di Manila dan seluruh negeri agar Aquino sehat.

Presiden Gloria Macapagal Arroyo yang kini dalam lawatan ke AS mengatakan dalam pernyataan, “Seluruh negeri bergabung atas wafatnya Aquino.” Arroyo mengumumkan masa berkabung nasional dan akan melaksanakan upacara pemakaman kenegaraan untuk mendiang.

Aquino menjadi presiden pada tahun 1986 hingga tahun 1992 setelah menggulingkan Presiden Ferdinand Marcos dalam revolusi massa yang dikenal dengan sebutan “People’s Power”.

Aquino memimpin gerakan ini setelah suaminya, Benigno Aquino, ditembak mati di bandar udara Manila sekembalinya dari pengasingan di Amerika Serikat. Salah satu momen terpenting yang terekam media internasional terjadi saat Corazon Aquino menyeru agar warga Filipina memberikan suara untuk kubu oposisi dalam pemilihan dadakan tahun 1986.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: