Horas’s Blog

Just another WordPress.com weblog

The Leadership

Posted by horasio on March 1, 2010

Beberapa cara yang bisa membantu dan menginspirasi Anda untuk membangun tim yang kokoh, produktif dan terus berkembang.

1. Samakan persepsi, tujuan, target dan etos kerja, lalu sosialisasikan kepada setiap anggota tim. Di awal pembentukan tim atau saat Anda masuk sebagai pemimpin ke dalam sebuah tim , sampaikan kepada semua anggota tentang target, tujuan dan etos kerja yang ingin Anda aplikasikan dalam tim. Kemudian berilah kesempatan pada anggota tim Anda untuk memberikan pendapat mereka mengenai hal-hal yang sudah Anda sampaikan. Bebaskan mereka untuk berdiskusi dan mengutarakan keberatan, persetujuan atau bahkan ide mereka. Pada akhirnya setiap karyawan akan merasa bahwa mereka punya andil dalam setiap pengambilan keputusan . Dengan demikian akan timbul perasaan untuk wajib mempertanggungjawabkan setiap keputusan yang diambil sendiri.

2. Pastikan setiap anggota tim tahu tanggung jawab dan job.desc mereka. Tentu saja Anda sebagai pemimpin tidak hanya bertugas mengelola tugas anggota Anda, juga harus memahami setiap aktifitas dan kesulitan yang mereka hadapi. Karena setiap jenis pekerjaan dalam tim terkait antara satu dengan lainnya, maka prosedur yang Anda tetapkan juga harus membuat pekerjaan mereka jadi lebih efisien.

3. Apakah setiap anggota tim Anda paham apa dampak setiap hasil pekerjaan mereka bagi produktifitas tim? Setiap anggota Anda seharusnya tahu bahwa apapun bentuk kontribusi mereka akan memberikan hasil bagi perusahaan jika dijalankan sesuai dengan misi, goal, prinsip dan visi perusahaan. Bahwa setiap dari mereka adalah bagian penting yang harus ada untuk mendukung kelangsungan dan berkembangnya perusahaan. Perasaan being important adalah salah satu cara efektif untuk membangun semangat kerja.

4. Ingatkan tentang komitmen awal. Saat semangat dan kinerja kerja tim mulai berkurang, Anda wajib boost semangat mereka kembali dengan mengingatkan bahwa mereka memiliki bagian dalam pengambilan keputusan tentang target, goal dan etos budaya kerja kelompok, sehingga setiap anggota tim memiliki komitmen untuk melanjutkan hal yang sudah mereka putuskan sendiri.

5. Apakah anggota tim Anda sudah merasa dihargai? Apakah Anda tahu bahwa dengan meng-update keterampilan mereka melalui training atau seminar yang dibiayai kantor, adalah satu cara efektif yang menunjukkan bahwa Anda menghargai karyawan tersebut? Keuntungan akan diperoleh baik oleh perusahaan maupun si karyawan sendiri; keterampilan mereka adalah untuk meningkatkan produktifitas kantor, dan mereka memiliki semangat karena diberikan kesempatan untuk berkembang.

6. Tantangan, excitement dan kesempatan. Rutinitas terkadang bisa monoton. Pekerjaan yang dulu menantang keterampilan dan kreatifitas bisa saja lama-lama jadi membosankan sehingga bisa melemahkan semangat kerja. Pastikan Anda memberi kesempatan bagi anggota tim Anda untuk kembali merasakan tantangan, spark dalam bekerja. Banyak cara yang bisa Anda lakukan; rotasi kerja, membebaskan mereka untuk menggunakan sistem kerja baru yang dirasa lebih efektif, atau memberikan tanggung jawab baru.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: